Sabtu, 17 Oktober 2015

Penciptaan Hubungan menuju Generasi Insan damai kehidupan horizontal

   Pengertian insan damai dalam kehidupan horizontal

Dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan sosial yang dilakukan individu merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan keberadaanya. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda – beda dalam hal apapun. Hubungan tersebut bukan hanya melibatkan dua individu, melainkan banyak individu. Hubungan antar individu tersebut akan membentuk hubungan sosial yang sekaligus merefleksikan terjadinya pengelompokkan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Pengertian hubungan sosial mengacu pada hubungan sosial yang teratur, konsisten, dan berlangsung lama. Hubungan tersebut terbagi menjadi dua kehidupan vertical dan kehidupan horizontal . Kehidupan horizontal adalah hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri :
a.       Bergaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.
b.      Berjiwa wirausaha
Sikap dan prilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenai produk baru, menentukan cara produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
c.       Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah dimiliki.
Mandiri, sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
d.      Bertanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, social dan karakter), Negara dan tuhan yang Maha Esa.
e.       Cinta ilmu
Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.
f.       Disiplin
Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
g.      Ingin tahu
Sikap tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat dan didengar.
h.      Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
i.        Kerja keras
Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.
j.        Percaya diri
Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya.

B.     Tujuan
Tujuan menciptakan insan yang bermanfaat dan menguntungkan bagi alam semesta dan makhluk hidup
C.    Langkah – langkah menuju insan yang damai dalam kehidupan horizontal

·         Saling menghargai antar sesama manusia
·         Saling menghormati
·         Berprilaku sesuai norma yang berlaku
·         Saling tolong menolong
·         Saling mengingatkan disaat ada yang melakukan kesalahan


D.    Ciri – Ciri insan damai dalam kehidupan horizontal
Berhati Lembut. Deskripsi Prilaku :
·         Sering berbuat baik terhadap sesama, biasa berbicara sopan dan menghindari sikap pemarah dalam melakukan sesuatu pekerjaan.
·         Selalu rendah hati atau tawadhu, selalu menjaga keutuhan pergaulan baik di sekolah maupun di masyarakat, selalu menjaga sifat temperamental untuk keutuhan dirinya; biasa tekun dan sabar dalam melakukan sesuatu; dan belas kasih terhadap sesama makhluk hidup.
·         Selalu menjaga perilaku emosional dalam pergaulan; sering menolong dan membantu sesama dalam pergaulan; selalu berprilaku sopan dan tertib; tidak bertingkah laku sombong (tinggi hati) dalam pergaulan; dan selalu menghindari kata-kata kasar dalam berbicara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar