1. Prof. H. Mahmud Yunus : Yang dimaksud
pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan
membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan
akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan
cita-citanya yang paling tinggi. Agar memperoleh kehidupan yang bahagia dan apa
yang dilakukanya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa,
negara dan agamanya.
2. Prof. Dr. John Dewey : Menurutnya
pendidikan merupakan suatu proses pengalaman. Karena kehidupan merupakan
pertumbuhan, maka pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa
dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan adalah proses penyesuaian pada setiap
fase dan menambah kecakapan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.
3. M.J. Langeveld : Pendidikan
merupakan upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan.
Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas
hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga
diartikan sebagai usaha untuk mencapai penentuan diri dan tanggung jawab.
4. Prof. Herman H. Horn : Beliau
berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses dari penyesuaian lebih tinggi
bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar
kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual,
emosional dan kemauan dari manusia.
5. Driyarkara : Pendidikan
diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan
manusia muda ke taraf yang insani.
6. Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) : Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu
untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek
tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut
berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak
yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
7. Ki Hajar Dewantara : Menurutnya
pendidikan adalah suatu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya ialah
bahwa pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik
agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.
8. Stella van Petten
Henderson : Pendidikan yaitu suatu kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan
insani dengan warisan sosial.
9. Kohnstamm dan Gunning : Pendidikan
merupakan suatu pembentukan hati nurani manusia, yakni pendidikan ialah suatu
proses pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati
nurani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar