Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat
pelaksanaan dan pendidikan. Bahan
yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat
pendidikan. Metode yang dilakukan adalah dengan
menganalisa secara kritis struktur dan manfaat pendidikan. Filsafat
pendidikan berupaya untuk memikirkan permasalahan pendidikan. Salah satu
yang dikritisi secara konkret adalah relasi antara pendidik dan peserta didik
dalam pembelajaran. Salah satu yang sering dibicakan dewasa ini adalah
pendidikan yang menyentuk aspek pengalaman. Filsafat pendidikan berusaha
menjawab pertanyaan mengenai kebijakan pendidikan, sumber daya manusia,
teori kurikulum dan pembelajaran serta aspek-aspek pendidikan yang lain.
Pengertian
Filsafat Pendidikan
Filsafat dan pendidikan sebenarnya
adalah dua istilah yang mempunyai makna sendiri. Akan tetapi ketika
digabungkan akan menjadi sebuah tema yang baru dan khusus. Filsafat
pendidikan tidak dapat dipisahkan dari ilmu filsafat secara umum. Filsafat
pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji. Ada
banyak defisini mengenai
filsafat pendidikan tapi akhirnya semua mengatakan dan mengajukan soal
kaidah-kaidah berpikir filsafat dalam rangka menyelesaikan permasalahan
pendidikan. Upaya ini kemudian menghasilan teori dan metode pendidikan
untuk menentukan gerak semua aktivitas pendidikan.
Manfaat
Filsafat Pendidikan
Pendidikan dapat dibedakan menjadi
dua wilayah yaitu humanisme dan akademik. Sisi humanisme mengembangkan
manusia dari segi ketrampilan dan praktik hidup.Sementara aspek akademik
menekankan nilai kognitif dan ilmu murni. Keduanya merupakan aspek penting
yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan. Filsafat pendidikan berperan untuk
terus menganalisa dan mengkritisi aspek akademik dan humanis demi sebuah
pendidikan yang utuh dan seimbang. Filsafat pendidikan akan terus
melakukan peninjauan terhadap proses pendidikan demi perkembangan pendidikan
yang mencetak manusia handal.
Objek Kajian
Filsafat Pendidikan
Realitas-realitas pendidikan yang menjadi
objek kajian filsafat pendidikan antara lain:
1. Hakikat manusia ideal sebagai acuan
pokok bagi pengembangan dan penyempunaan.
2. Pendidikan dan nilai-nilai yang
dianut sebagai suatu landasan berpikir dan memengaruhi tatanan hidup suatu
masyarakat.
3. Tujuan pendidikan sebagai arah
pengembangan model pendidikan.
4. Relasi antara pendidik dan peserta
didik sebagai subjek dan subjek.
5. Pemamahaman dan pelaksanaan kurikulum dalam pendidikan.
6. Metode dan strategi pembelajaran
yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik.
7. Hubungan antara lembaga pendidikan
dengan tatanan masyarakat
dan organisasi serta situasi sosial
sekitar.
8. Nilai dan pengetahuan sebagai aspek
penting dalam pengajaran.
10. Aliran-aliran filsafat yang dapat
memberikan solusi atas
masalah pendidikan.
Pada dasarnya filsafat pendidikan
membicarakan tiga masalah pokok. Pertama, apakah sebenarnya pendidikan
itu.[1]. Kedua, apakah tujuan pendidikan
yang sejati. Ketiga, dengan metode atau cara apakah tujuan pendidikan
dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar